Ini Dia Beberapa Bahaya Ambeien Jika Tidak Segera Diobati

Tak jarang masyarakat menyepelekan suatu penyakit sehingga tidak melakukan pengobatan dengan segera. Seperti penyakit ambeien misalnya yang terkadang diremehkan pengobatannya. Penyakit ambeien memang sering menimpa beberapa orang. Adapun penyebabnya bisa dikarenakan berbagai kebiasaan yang berhubungan dengan buang air besar, seperti mengejan terlalu keras saat BAB, diare ataupun sembelit kronis, juga karena duduk di atas toilet terlalu lama. Selain itu penyebab ambeien juga bisa dikarenakan kehamilan, sering melakukan angkat berat, penuaan, dan batuk kronis.

Ambeien yang merupakan kondisi pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah memang terkadang tidak terasa sakit. Namun jika sudah berubah menjadi bentuk menjadi gumpalan darah, maka penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit. Ciri-ciri yang terjadi saat seseorang mengalami penyakit ini, yaitu merasa gatal di sekitar anus, nyeri saat buang air besar, sakit saat digunakan untuk duduk, muncul benjolan di dekat anus, hingga munculnya darah segar dari rektum.

Bahaya Ambeien




Ambeien tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena jika tidak segera diobati akan mengganggu aktivitas kerja hingga mengganggu kesehatan untuk jangka panjangnya. Sangat disarankan untuk melakukan pengobatan sedini mungkin jika Anda terdiagnosa terkena penyakit ambeien. Sehingga peluang kesembuhan juga semakin besar. Ambeien yang dibiarkan saja hingga berlarut-larut bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti:

1.    Nyeri tulang belakang
Ambeien jika sudah dalam kondisi parah akan menyebabkan rasa nyeri yang menjalar pada bagian punggung atau tulang punggung bawah. Hal ini dikarenakan, otot serta aliran darah di sekitar punggung bisa mengalami penyumbatan akibat terlalu sering mengejan dengan keras dan dipaksakan. Tekanan pada anus juga tidak baik untuk kesehatan tulang punggung bawah.

2.    Infeksi virus
Pada penderita, proses BAB yang dipaksakan akan membuat ambeien mengalami pendarahan dan luka. Keadaan inilah yang bisa memicu timbulnya infeksi. Infeksi ini bisa berasal dari luka yang dapat dimasuki dengan mudah oleh virus-virus yang terdapat pada feses atau tinja yang dikeluarkan.

3.    Kanker anus
Jika sering mengalami pendarahan dan peradangan jangka panjang namun tidak dilakukan pengobatan medis juga, maka infeksi yang disebabkan oleh banyaknya virus ini lambat laun bisa memicu tumbuhnya sel abnormal yang akhirnya bisa menjadi sel kanker anus. Jika sudah begini, tentu proses pengobatannya tidak bisa main-main. Harus dengan tindakan medis sesegera mungkin.

4.    Gangguan tidur
Pada kondisi ambeien yang parah akan membuat penderitanya susah untuk tidur karena merasa tidak nyaman. Si penderita akan susah untuk terpejam dan jika sudah tidur pun akan sering terbangun karena rasa tidak nyaman tersebut. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, tidak menutup kemungkinan akan membuat si penderita menjadi insomnia dan mengganggu kesehatan akibat tidur yang tidak cukup.

5.    Mengganggu kondisi janin dan kandungan
Ibu hamil yang menderita ambeien akan merasa sakit dan terkadang kemas. Reaksi inilah yang nantinya bisa mempengaruhi janin dalam kandungan.

6.    Membahayakan keselamatan saat proses persalinan
Penyakit ambeien pada ibu hamil sangat membahayakan ketika melewati proses melahirkan. Saat mengejan, maka ambeien pada ibu hamil tersebut akan semakin parah sehingga penyakit yang diderita menjadi susah untuk disembuhkan.

7.    Bisa menyebabkan pendarahan
Ketika ibu hamil memutuskan untuk melahirkan secara normal, maka ibu hamil yang memiliki ambeien bisa mengalami resiko terjadinya pendarahan. Karena saat proses persalinan normal, si ibu harus mengejan. Saat mengejan inilah benjolan di bagian anus atau rektum semakin terjepit dan menimbulkan pendarahan. Selain itu, saat kondisi ini maka si ibu tidak hanya merasakan sakit karena proses melahirkan saja, namun juga merasakan perih pada bagian anus.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Dia Beberapa Bahaya Ambeien Jika Tidak Segera Diobati"

Posting Komentar