Tips Latihan Dasar Panggul yang Penting Dilakukan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan memang akan membuat perubahan yang besar baik bagi tubuh dan juga kehidupan sehari-hari. Sehingga banyak wanita yang tidak mendapatkan dukungan akan mengalami stress justru ketika masa ini yang seharusnya menjadi masa yang membahagiakan karena mempunyai buah hati Oleh karena itulah setelah melahirkan, wanita akan berusaha untuk mengembalikan kehidupannya seperti semula seperti terutama pada bagian tubuhnya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengembalikan bentuk badan ke berat semula atau juga dengan melakukan latihan Otot panggul tanyaconfidence

Dasar panggul merupakan tempat otot dari depan tulang kemaluan hingga ke tulang belakang. Sehingga bagian tersebut menyokong bagian penting kewanitaan lainnya seperti rahim, kandung kemih, dan juga bagian usus. Bagian tersebut mempunyai banyak fungsi yang salah satunya adalah untuk mengontrol pergerakan kandung kemih dan juga usus. Setelah kehamilan dan juga melahirkan, dasar panggul wanita akan meregang dan melemah. Hal tersebut karena beban atau berat wanita yang bertambah untuk menyokong beban janin. Dan ketika melahirkan bayi akan keluar lewat panggul sehingga membuat memar dan sakit pada bagian panggul. Oleh karena itulah untuk mengembalikan fungsi bagian dasar panggul tersebut ke fungsi dan manfaat semula bisa dengan melakukan latihan atau senam dasar otot panggul.

Tips Latihan Dasar Panggul Setelah Melahirkan

Latihan panggul setelah melahirkan ini sendiri sangat penting untuk dilakukan karena akan mempunyai beberapa manfaat seperti berikut ini:

1.    Dapat untuk memperkuat atau mengencangkan lagi kandung kemih, perut, dan juga vagina setelah proses melahirkan.
2.    Akan dapat untuk membuat nyaman ketika berhubungan seksual seperti semula sebelum melahirkan.
3.    Akan membuat lebih mudah untuk mengontrol kandung kemih sehingga tidak terjadi kebocoran urin. Terutama ketika batuk, bersih, atau juga sedang melakukan latihan otot panggul. Sehingga tidak perlu untuk menggunakan popok dewasa Confidence yang biasanya digunakan untuk orang yang mempunyai inkontinesia atau tidak terkontrolnya buang air kecil.

Dengan berbagai manfaat di atas tentu saja akan sangat menarik untuk wanita setelah melahirkan. Sehingga akan mengembalikan otot panggul dan bagian kewanitaan setelah melahirkan kembali seperti semula. Dimana untuk melakukan latihan ini dapat dilakukan di rumah sehingga akan lebih mudah berkonsentrasi. Selain itu juga dapat dilakukan saat mandi atau kapan dan dimana saja dengan beberapa gerakan seperti berikut ini:

1.    Pertama adalah dengan duduk yang nyaman di meja ataupun di kursi dengan posisi tegak.
2.    Selanjutnya lakukan latihan seperti ketika menahan aliran urin dan disaat bersamaan bisa untuk mengencangkan otot vagina dan anus seperti ketika sedang buang angin.
3.    Jangan mengencangkan bokong ataupun menahan nafas selama gerakan tersebut.
4.    Ulangi selama 10 hingga 15 kali selama 4 atau 5 detik.

Selain gerakan yang harus diketahui, ada juga beberapa tips lainnya yang harus diperhatikan. Misalnya selain berapa kali dan berapa detik untuk melakukan gerakan senam kegel ini adalah dari berapa sering untuk melakukannya agar dapat mempunyai hasil yang terbaik. Dimana sebaiknya frekuensi melakukan senam ini adalah setidaknya 3 kali sehari dan lakukan setelah makan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tips terakhir untuk melakukan latihan dasar panggul ini bagi ibu setelah melahirkan adalah agar tidak memaksakan diri. Terutama ketika di awal melakukan latihan ini dan harus menyesuaikan dengan kondisi badan. Jangan memaksakan diri ketika kondisi lelah dan sedang sakit karena justru akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Oleh karena itulah pastikan untuk melakukannya ketika sudah siap dan sehat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Latihan Dasar Panggul yang Penting Dilakukan Setelah Melahirkan"

Posting Komentar